Alternatif Wisata Murah di Bandung

Musim liburan akhir tahun tiba, orang-orang berbondong-bondong melancong ke berbagai daerah, baik kota besar maupun mudik ke kampung halaman. Begitu juga dengan saya. Kali ini saya menghabiskan liburan di Kota Kembang alias Bandung.

Bandung menghadirkan banyak pilihan tempat wisata. Mulai dari taman-taman dalam kota sampai tempat wisata di kabupaten, seperti Lembang dan Ciwidey. Beberapa tempat wisata sudah saya jamah, makanya kali ini saya ingin menjamah tempat yang berbeda. Mungkin masyarakat Bandung bukanlah satu-satunya yang bisa menjamah tempat semacam ini, karena di beberapa daerahpun setahu saya ada yang ‘bertamasya’ ke tempat ini. ‘Tempat wisata’ murah meriah ini adalah ‘pinggiran bandara’.
Ini kali pertama saya nangkring di pinggiran bandara. Seumur-umur tak pernah terbersit sedikitpun niat nangkring di tempat ini, yang ada hanya senyum cekikikan *piye kui?* saat melihat orang-orang rela nangkring di pinggir jalan demi menonton pesawat lepas landas dan mendarat. Dan kali ini gegara ponakan, saya merasakan sensasi nangkring di pinggiran bandara yang ternyata……..asik juga. hahaha.

Setiap sore, pinggiran bandara Husein Sastranegara Bandung ramai oleh ‘wisatawan’ dan pedagang, tak terkecuali Sabtu sore kemarin (diantara wisatawan, banyak juga muda-mudi yang memadu kasih sambil menikmati kuliner tradisional). Mereka tampak antusias berfoto dipinggiran bandara dan setia menunggu pesawat nongol. Nangkring disini tak perlu membayar tiket masuk, paling hanya biaya parkir dan biaya jajan. Aneka jajanan seperti tahu gejrot, lumpia basah, jagung rebus, sari tebu, berbagai macam minuman, es doger, bakso, mie ayam, batagor, sosis bakar, dan aneka kuliner lain dengan harga bervariasi tidak menguras kantong *kecuali jajannya kebanyakan*. Untuk tahu gejrot, cukup membayar Rp.5000/porsi.

Selain sekedar berfoto, menunggu pesawat, atau menikmati senja, kegiatan semacam ini juga bisa menambah pengetahuan anak-anak. Setidaknya kita bisa menjelaskan sedikit-sedikit apa itu pesawat, bandara, rasanya naik pesawat, dan lainnya. Dan yang namanya anak-anak tentu sangat antusias sama pesawat. Masih ingat kan jaman dulu kalau ada pesawat lewat sering bilang “pesawaaaat minta duit”, hal ini masih berlaku buat ponakan saya. Ketika ada pesawat mendarat, ponakan saya berteriak seperti itu. *Hadeh*.
Saya sendiri lebih suka menikmati senja sambil melahap tahu gejrot.

Menikmati matahari yang mulai tenggelam, hembusan angin, lalu lalang kendaraan, dan suasana sekitar cukup bikin fresh. Saking menikmatinya, rasanya malas untuk berfoto, makanya hanya kakak saya yang menjadi model untuk nampang di blog ini. πŸ˜€

Saya lebih suka memotret langit senja. Hasilnya memang enggak begitu bagus, maklum amatir.haha

Karena kesorean, alhasil saya hanya melihat satu pesawat mendarat. Si pesawat baru akan terbang lagi sekitar setengah jam kemudian. Malas menunggu, ponakan memutuskan pulang.

Jika bosan dengan suasana kota yang begitu-begitu saja, ada baiknya menikmati sore di pinggiran bandara seperti ini, dengan catatan cuaca cerah :D. Nikmati senikmat-nikmatnya berbagai tempat yang dikunjungi termasuk tempat ini. Yap, pinggiran bandara Husein Sastranegara bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata murah meriah di Kota Bandung. Jangan malu atau merasa ‘ndeso’, banyak kok orang bermobil mewah yang datang kesini. Beragam masyarakat berbaur di tempat ini. Harapan saya sih semoga tempat hiburan semacam ini tidak digusur dan tetap tidak mbayar :D. Lumayan kan kalau lagi bokek, butuh hiburan, bosan di taman, datang aja ke pinggiran bandara. Hihihi.

6 Comments

  • Sang Nanang December 31, 2013 Reply

    untung nggak ada pesawat nyungsep…….trackr record pesawat jatuh di sana lumayan lho

    • amalia January 1, 2014 Reply

      Hahaha bener juga ya. Ternyata ngeri juga nangkring disitu πŸ˜€

  • kiki January 15, 2014 Reply

    iseng2 buka web amaliarizki soalnya nama sy rizki amalia. hehe salam kenal πŸ™‚ enak banget tuh tahu gejrot *ngefans :9

    • amalia January 16, 2014 Reply

      Salam kenal juga mbak kiki. *namanya sama πŸ˜€

  • Achmad Mutohar February 4, 2014 Reply

    Wah, jadi pengen ke Bandung nih… πŸ™‚

    • amalia February 5, 2014 Reply

      Ayo ke bandung πŸ˜€

Leave a Reply