Emak-Emak War: Lahiran Normal vs Caesar

Sok gemes kalau ada orang memperdebatkan lahiran normal vs sesar. Duhdek, gimanapun proses persalinannya, seharusnya bersyukur sebagai wanita sudah merasakan jadi ibu, bisa melahirkan bayi yang sehat, sempurna, tanpa kekurangan satu apapun. Toh masing-masing udah ada jalannya sendiri-sendiri dan sama-sama penuh perjuangan.

Bisa denger tangisan bayi saat lahiran itu luar biasa lho. Masih banyak orang di luar sana (termasuk saya) melahirkan tanpa mendengar tangisan bayi karena bayinya sudah tak bernyawa dan itu lebih menyesakkan. Atau, masih banyak orang-orang yang mendambakan kehamilan tapi belum dikasih. Atau, udah pengen punya anak tapi belum ada partner bikinnya.

Jadi, tak usahlah merasa paling hebat atau nyinyir sama orang yang melahirkan secara sesar dan sebaliknya. Lebih baik bersyukur dan bersyukur. Semua wanita itu hebat, kawan!

Semoga para wanita yang lagi hamil diberi kesehatan dan kelancaran buat ibu dan bayinya sampai lahiran dan besar nanti. Dan yang belum, semoga segera diberi kepercayaan sama Allah. Yang belum punya partner semoga segera diberikan partner buat bikin dedek bayi.

Ga usah ketik “Aamiin”, cukup dalam hati aja.

Leave a Reply